Parks On The Air (POTA) Merbabu Mountainside YB-0019

Parks On The Air (POTA) merupakan sebuah kegiatan amatir radio outdoor di alam terbuka yang di lakukan taman nasional atau cagar alam.

Saat ini daftar taman nasional yang ada di Indonesia dan tercantum di asosiasi program POTA ada 107 taman nasional. Anda dapat melihat dengan mendownloud List Taman Nasional di Indonesia dalam Program POTA. Semua anggota amatir radio dapat melakukan kegiatan ini dengan cara registrasi dahulu dengan mudah. Anda dapat registrasi melalui parksontheair.com namun Anda juga harus patuh dengan rule atau aturan dan kode etik yang telah ditetapkan.

Bedah vidio kali ini adalah salah satu contoh dalam melakukan kegiatan POTA yang dilakukan oleh Galih Suryananto – YC2VOC di Merbabu Mountainside YB-0019.

Contoh Sertifikat QSL YC2VOC Parks On The Air, POTA YB-0019 Activation diiringi intro musik Mahameru, mengawali vidio pada POTA Parks On The Air – Merbabu Mountainside atau Gunung Merbabu National Park dengan kode YB-0019

Dilanjutkan dengan setting/merangkai antena vertikal dengan louding coil yang nampak cukup gede tampilannya dilakukan oleh Galih Suryananto – YC2VOC.

Slide foto nampak hanya dua detik, menampilkan sebuah foto gapura menuju Taman Nasional Gunung Mebabu Jalur Pendakian Cuntel.

Pemandangan alam terbuka dengan cuaca yang bersahabat tergambar dengan terlihatnya cahaya matahari. Pakaian yang dikenakan hanya dengan kaos oblong tanpa jaket menandakan suhu yang mungkin tidak terlalu dingin.

Pembuka percakapan dengan sapaan hangat, YC2VOC menunjukkan bekal yang dibawanya. Didalam tas yang berisi, perangkat radio, accu, jam, keyer untuk komunikasi CW, dan menunjukan antena yang akan digunakan untuk komunikasi nanti.

Komunikasi tidak hanya menggunakan radio ssb yang dibawanya, namun juga menggunakan radio ht double band dengan antena jinjing yang diarahkan ke Satelite AO-91 untuk mendapatkan sinyal terbaik dalam Komunikasi via satelit.

Pada SSB 40 meter band pada frekuensi 7.150 MHz YC2VOC melakukan CQ dan satu stasiun dari Tabanan, Bali – YD9AAI merespon panggilan dengan report 5/9 di terima di Gunung Merbabu.

Banyak yang merespon CQ POTA YB-0019 ini, diantaranya terdengar YB1ALT yang sedang melakukan aktivasi Gunung Patuha II dalam Summits On The Air (SOTA). Sehingga aktivasi POTA ini terjadi komunikasi dengan stasiun SOTA. Beberapa respon panggilan yang lain diantaranya YB2HAF, YB2ECG, YD2DUF, YD2FIK, YD9AGJ, YD3AJO, dan lainnya dengan komunikasi singkat untuk saling tukar report dan ucapan.

Anda tertarik untuk melakukan kegiatan POTA?
Kegiatan outdoor ini perlu dicatat bahwa harus dipersiapkan secara matang tentang segala hal karena berkenaan dengan alam. Hal terpenting adalah tentang keselamatan diri, maupun keramahan terhadap alam sekitar yang tidak boleh kita mengganggunya.

Inilah bedah vidio POTA Merbabu Mountainside YB-0019 yang di unggah pada chanel Youtube Galih Suryananto 22 November 2020 yang lalu.(2\tfb)

Galih Suryananto – (YC2VOC) Chanel

Mny TNX to YC2VOC

Tinggalkan Balasan