ORARI Lokal Kabupaten Bogor Latih Anggota Hadapi Darurat Bencana di Telaga Saat Cisarua

Bogor 27 Maret 2021 Komunikasi adalah faktor penting di tengah darurat bencana alam. Komunikasi yang efektif dan efisien mempercepat progress dalam tahap siaga, darurat dan pasca bencana yang di terapkan oleh SAR Comand (SC).

Hal tersebut di simulasikan dalam Pelatihan Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) di telaga Saat Cisarua Puncak Bogor, Sabtu (27/3/2021) sebagai komponen utama dalam masa darurat bencana.

Tidak hanya berkomunikasi untuk hiburan dan hobi saja. Melalui frekwensi radio jumlah informasi bantuan untuk logistic, kondisi geografis dan korban yang harus di selamatkan dapat tersampaikan kepada tim penyelamat.

Ketua ORARI Lokal Bogor, Ardian menambahkan, tidak hanya berkomunikasi saja Orari melatih anggotanya memanfaatkan frekwenasi untuk kemaslahatan masyarakat. Di tengah terbatasnya keterbatasan saluran komunikasi.

“Kalau dalam kondisi normal perangkat HT ini nothing, bisa video call bisa kirim gambar tapi ketika bencana instalasi yang pertama kali terdampak adalah listrik, liatrik mati BTS mati sinyal susah informasi lost, di sini peran Orari dalam membuka kenuntuan komunikasi mereka di latih memasang antene dan membuat station komunikasi yang nantinya di kordinasikan dengan SAR Comand,” jelas Adrian, Sabtu (27/3 /2021).

Pemanfaatan frekwensi radio dan alat komunikai berbasis batrai terbukti kethandalannya saat Orari terlibat pada puluhan kasus bencana yang terjadi di Indonesia.

Teknisi andalan ORARI Bogor yang juga wakil ketua Orari Lokal Kabupaten Chuzairin menambahkan basic Amatir Radio tidak hanya komunikasi radio 2 meter saja.

Pemanfaatan frekwensi radio juga dapat di aplikasikan sebagai penggerak remote pesawat tanpa awak atau drone. Dan dengan penggabungan teknologi digital terbaru Orari menjadi ban plant dalam pemanfaatan frekwensi radio untuk kegiatan social yang positif.

“Kami bermain di semua frekwensi dan mengaplikasikan untuk remote pesawat tanpa awak dan ini butuh proses untuk belajar bagi anggota alat kendali jarak jauh juga basisnya frekwensi radio ya tapi tetap harus patuh dengan kominfo”, Tambah Chuzairin.

Orari Kabupaten Bogor memiliki prestasi mendukung komunikasi BNPB membuka saluran komunikasi tanggap bencana di daerah terluar dan terpelosok di Indonesia.

Bahkan kerap mewakili Indonesia dalam lomba internasional instalasi stasiun berbasis sinyal High Frequency (HF) yang di ikuti peserta dari Eropa, Amerika dan Oceania. Dan inilah sebenarnya aktifitas profesional utama dari penggiat Amatir Radio. (yof)

Sumber dan Foto: https://rri.co.id/bogor/warta-bogor-kiwari/1008987/orari-lokal-kabupaten-bogor-latih-anggota-hadapi-darurat-bencana-di-telaga-saat-cisarua?

Selain melakukan Kegiatan Pelatihan Simulasi Kebencanaan oleh Core Orlok Kab Bogor juga dilakukan Pelatihan Sinkronisasi Aplikasi APPS ORARI dan Contest WPX 2021 di Telaga Saat Puncak 27-28 Maret 2021 (Foto: Ferry AL Facebook)

Tinggalkan Balasan