Pentingkah LOG BOOK bagi Amatir Radio ?

Masa-masa remaja sering sekali orang menuliskan perasaannya pada sebuah diary. Entah perasaan senang, sedih atau bahkan saat jatuh cinta. setelah beberapa tahun kemudian kadang ingin membuka kembali diary yang pernah dituliskannya itu, dan.. apa yang terjadi kadang mereka bisa tertawa dansenyum-senyum sendiri, bisa juga terasa larut akan masa yang silam karena ingat akan kejadian pada waktu itu.

Demikian juga pada kegiatan komunikasi radio amatir setiap melakukan kegiatan itu ada bainya kita mencatatnya. Dimana kita akan mencatatnya? apa disecarik kertas atau buku atau note atau diary?

Bagi seorang amatir radio logbook adalah tempatnya untuk menuliskan catatan harian tentang kegiatan komunikasi radio yang dilakukan.

Pertanyaan dari judul ini jawabnya adalah YA karena keberadaan dan penggunaan Log book adalah sangat penting dalam kegiatan Amatir Radio, dari Log book yang terisi dengan baik dapat diketahui kegiatan yang telah dilakukan oleh Seorang Amatir Radio, dan seorang Amatir Radio dapat memperoleh informasi dan melakukan evaluasi kegiatan yang telah dilakukan, dengan Log book yang terisi dengan baik sipemilik akan memperoleh kenangan yang manis dimasa lalunya. bahkan dalam Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 49 tahun 2002 Pasal 54 ayat “ 1 c “ mengharuskan kita untuk memilikinya. Disitu dikatakan bahwa “setiap pemilik IAR diwajibkan memiliki dan mengisi Buku Log atas seluruh kegiatan Amatir Radio“.

Fungsi Logbook adalah :

1. Sebagai data dari kegiatan yang telah dilakukan

2. Sebagai bahan Informasi dan evaluasi

3. Sebagai Benda Kenang-kenangan

4. Sebagai Bahan Laporan

BENTUK LOG BOOK

PENGISIAN LOG BOOK

No Nomor urut

Merupakan nomor urut dari komunikasi yang dilakukan

Date Tanggal Komunikasi di laksanakan sebaiknya ditulis dalam bentuk Tanggal, Bulan, Tahun dan penulisan bulan sebaiknya menggunakan huruf.

Time Waktu Komunikasi berlangsung, dalam penulisan waktu agar menggunakan standart UTC ( Universal time coordinate ) eh salah Universal Time Coordinate yaitu + 9 Jam dari WIT, +8 Jam dari WITA dan +7 Jam dari WIB sebaiknya tidak meuliskan dalam Local Time ( WIT, WITA, WIB) karena akan terjadi selisih data dengan data yang dimiliki Station Lawan, hal ini akan menumbulkan kesulitan dalam menulis QSL Card.

Data yang ditulis adalah Awal (Start) dan Akhir (Finish) dari komunikasi. Kita tidak perlu melakukan konfirmasi waktu dengan station lawan, karena akan menunjukkan bahwa stasiun anda tidak dilengkapi dengan penunjuk waktu (Jam), hal ini selain akan memakan waktu bicara juga memalukan.

Station Callsign Stasiun lawan komunikasi Callsign agar di tulis secara lengkap dan jangan sebagian saja awalan atau akhiran callsignya,  karena akan disuatu saat membingungkan anda sendiri, jadi tulisnya sufict maupun perfict-nya.

Freq / Frekuensi yang digunakan ( dalam MHz )

Mode Mode yang digunakan ( CW, SSB dll )

R.S.T ( Readelbility, Signal, Tone ) pada kolom ini diisi dengan data Report baik yang diterima dari stasiun lawan (Receive) maupun yang anda berikan kepada stasiun lawan (Sent).

Standart Penulisan Report adalah Readelbility ditulis dengan angka terendah “ 1 “ dan tertinggi “ 5 ” Signal ditulis dengan angka terendah “ 1 “ dan tertinggi “ 9 ” Tone ditulis dengan angka terendah “ 1 “ dan tertinggi “ 9 ”

Remarks Catatan

Dalam kolom ini dapat diisi dengan catatan / note yang dianggap perlu, misalnya, Nama dan Alamat Station Lawan, atau data teknis perangkat

dan lain sebagainya.

QSL Data QSL Card ( Kartu Konfirmasi Komunikasi )

Pada kolom ini diisi dengan catatan tentang Pengiriman (Sent) dan Penerimaan kartu QSL, agar dapat diketahui apakah kita telah mengirim atau membalas QSL Card kepada Station Lawan.

Biasakan anda mencatat dalam Logbook setiap komunikasi yang telah anda lakukan walaupun stasiun yang anda hubungi pernah atau sering berkomunikasi dengan anda, karena Logbook adalah CATATAN HARIAN

2 thoughts on “Pentingkah LOG BOOK bagi Amatir Radio ?

  1. UTC seharusnya dibaca “Coordinate Universal Time” Bukan “Universal Time Coordinate”. Ini salah satu contoh banyak “kesalah-kaprahan” di Amatir Radio. de YB0BNX 73 TU..

Tinggalkan Balasan