Pengertian tentang CORE (Communications And Rescue) ORARI


Didalam Pedoman Penyelenggaraan Communications And Rescue (CORE) ORARI dalam Keputusan Ketua Umum ORARI dengan Nomor: KEP-068/OP/KU/2009 tanggal 18 Nopember 2009 yang ditandatangani oleh Ketua Umum Organisasi Amatir Radio Indonesia, Letjen TNI (Purn) SUTIYOSOYBØST disebutkan;

ORARI sebagai organisasi amatir radio di Indonesia, yang merupakan bagian dari organisasi ‘amatir radio’ internasional, yang selama ini telah memberikan darma baktinya kepada masyarakat umum, sebagai wujud dari pengamalan Kode Etik Amatir Radio, terpanggil untuk bersama-sama masyarakat dan pemerintah, mengembangkan upaya penanggulangan bencana melalui Program “CORE (Communications & Rescue) ORARI”

Sesuai Anggaran Dasar ORARI, ORARI berfungsi sebagai cadangan nasional di bidang komunikasi radio, dan sarana dukungan komunikasi radio dalam usaha-usaha yang bersifat kemanusiaan

Upaya mengembangkan diri, baik sebagai subyek maupun obyek bencana, yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi anggota ORARI, telah dilaksanakan dalam berbagai bentuk kegiatan, dan telah berperan serta dalam kegiatan dukungan komunikasi ORARI pada berbagai penanggulangan bencana di Tanah Air. Program ini dimaksudkan untuk lebih memberikan arah kepada anggota ORARI, agar lebih tanggap terhadap lingkungan masyarakat yang senantiasa dihadapkan pada berbagai bentuk bencana yang akan dihadapi oleh bangsa Indonesia di masa depan.

Pengertian.

CORE (Communications & Rescue) ORARI” adalah program kegiatan yang dikembangkan sebagai bentuk kepedulian ORARI dalam menghadapi situasi kebencanaan, dan kedaruratan lainnya yang terjadi.

CORE Task Force ORARI” adalah Satuan Tugas Komunikasi & Rescue (Communications & Rescue Task Force)/SATKOR ORARI yang dibentuk oleh kepengurusan ORARI untuk mengelola kegiatan “CORE” (Communications & Rescue) ORARI.

CORE Unit ORARI” adalah bagian dari Satuan Tugas Komunikasi & Rescue (Communications & Rescue Task Force)/SATKOR ORARI yang ditempatkan pada unsur-unsur masyarakat, pemerintah, dan institusi terkait lainnya, untuk melaksanakan tugas dukungan komunikasi penanggulangan bencana.

Aksi CORE ORARI” adalah kegiatan bakti ORARI bersama-sama masyarakat, pemerintah dan institusi lainnya yang terintegrasi dalam upaya penanggulangan bencana, dan situasi kedaruratan lainnya.

QRV” adalah motto yang digunakan dibawah lambang Satuan Tugas Komunikasi & Rescue (Communications & Rescue Task Force)/ SATKOR ORARI, yang secara tegas menyatakan kesiapsiagaan anggota ORARI.

Tujuan.

a. Umum.
Mengembangkan potensi ORARI, baik sebagai pribadi, kelompok maupun organisasi untuk keberhasilan pelaksanaan upaya Penanggulangan Bencana serta situasi kedaruratan lainnya yang diselenggarakan bersama masyarakat, pemerintah, dan institusi lainnya.
b. Khusus.
1) Mengembangkan kesetiakawanan sosial dalam diri anggota ORARI sebagai bentuk pelaksanaan Kode Etik Amatir Radio.
2) Meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan bagi anggota ORARI mengenai berbagai masalah yang terkait dengan upaya Penanggulangan Bencana serta situasi kedaruratan lainnya.
3) Membantu meringankan beban penderitaan masyarakat yang terkena musibah akibat bencana serta berperanserta dalam upaya mengurangi dampak bencana.
4) Meningkatkan jumlah dan penyebaran anggota ORARI di seluruh pelosok Tanah Air yang berperanserta dalam pelaksanaan Penaggulangan Bencana melalui Program “CORE ORARI”.

Sasaran.

a. Anggota ORARI yang dihimpun dalam kelompok minat khusus pengabdian masyarakat di setiap ORARI Lokal.
b. Instansi Pemerintah yang bertanggung jawab atas upaya Penanggulangan Bencana, dan institusi kemasyarakatan lainnya yang memiliki kepedulian atas upaya Penanggulangan Bencana serta situasi kedaruratan lainnya.
c. Masyarakat yang terkena bencana, dan masyarakat di daerah potensi bencana.

Kebijakan program “CORE ORARI”.

a. Mengembangkan dan mengefektifkan “Aksi CORE ORARI”. Untuk melaksanakan Program “CORE ORARI” maka jajaran ORARI perlu mengembangkan potensi Amatir Radio baik sebagai pribadi, kelompok maupun organisasi untuk keberhasilan upaya penanggulangan bencana serta kedaruratan lainnya, yang diselenggarakan bersama masyarakat, pemerintah serta institusi lainnya.
b. Meningkatkan kemitraan dan partisipasi masyarakat. Program “CORE ORARI” diupayakan dapat melibatkan sebanyak mungkin lembaga masyarakat, instansi pemerintah, dan institusi lainnya, dalam perencanaan, pelaksanaan, pengendalian dan penilaiannya.

Logo CORE ORARI

Logo CORE ini sebagai tanda anggota Satuan Tugas Komunikasi ORARI

LOGO Satuan Tugas Komunikasi ORARI dikenakan antara lain di lengan kanan bagian atas (bahu) kemeja/jaket seragam.

Logo CORE ini sebagai tanda telah mengikuti pelatihan CORE ORARI

LOGO CORE (Communications & Rescue) ORARI dikenakan antara lain di atas saku kiri kemeja/rompi/jaket seragam.

1 thought on “Pengertian tentang CORE (Communications And Rescue) ORARI

Tinggalkan Balasan