8C01SAC Situmbuak Art and Culture

8C01SAC Situmbuak Art and Culture img Source Prokopim Tanah Datar 720

8C01SAC Situmbuak Art and Culture adalah nama panggilan kegiatan Special Event Station (SES) ORARI Lokal Tanah Datar 19-21 Agustus 2023.

Melalui High Frekuensi 80M band Bupati sekaligus Ketua ORARI Lokal Tanah Datar, Eka Putra,SE.MM – YD5AJP membuka kegiatan SES 8C01SAC tersebut. Setelah melakukan pembukaaan Special Event Station 8C01SAC Bupati juga melakukan panggilan umum kepada seluruh Amatir Radio di seluruh tanah air.

Kegiatan SES 8C01SAC Situmbuk Art and Culture tersebut adalah bertujuan untuk mengenalkan adat tradisi dan budaya yang ada di Tanah Datar ke seluruh dunia. Dimana Situmbuak Art Culture Festifal merupakan pawai adat dan budaya yang menampilkan berbagai kesenian anak nagari.

Sebagai acara inti Bupati Tanah Datar juga membuka secara langsung acara Situmbuak Art Culture ini dengan tema “Maataan Padi jo Mangubang” di Nagari Situmbuak Kecamatan Salimpaung 19/08/2023.

Bupati Tanah Datar at Situmbuk Art and Culture
Bupati Tanah Datar at Situmbuak Art and Culture

Pembukaan dan Pertunjukan Situmbuak Art and Culture

Saat pembukaan, meski sempat hujan deras masyarakat tetap antusias melaksanakan program unggulan Daerah Satu Nagari Satu Event – Situmbuak Art Culture tersebut.

Tak hanya masyarakat, acara pembukaan SAC yang meriah tersebut hadir juga Anggota DPRD Prov. Sumatra Barat, Ketua dan Anggota DPRD Tanah Datar serta Kepala OPD, Camat beserta Forkoimca. Tak sedikit juga para pejabat OPD beserta jajaran dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutan pembukaan Bupati Tanah Datar memastikan bahwa melalui pelaksanaan program ini akan memunculkan para generasi muda untuk kembali mengenal adat, tradisi dan budaya daerahnya . Selain itu program unggulan Satu Nagari Satu Event ini diharapkan dapat membangkitkan sanggar-sanggar kesenian. Sehingga kedepan efeknya dapat terasakan juga oleh para pelaku UMKM.

Mengiringi pembukaan festifal, siswa SD hingga SLTA anak Nagari menampilkan tari kolosal “Panggilan Bumi”. Tarian kolosal itu menggambarkan kehidupan sehari-hari masyarakat Nagari Situmbuak.

Tradisi dari nenek moyang mangalamai dan mangubang oleh masyarakat Tanah Datar
Tradisi dari nenek moyang mangalamai dan mangubang oleh masyarakat Tanah Datar

Hal yang tak kalah menarik adalah penampilan atraksi mangalamai dan mangubang, yaitu tradisi sebelum dan sesudah melaksanakan pernikahan. Masyarakat hingga saat ini masih sering melakukan tradisi dari nenek moyang ini, yaitu prosesi memasak galamai untuk pesta pernikahan. Sementara, tradisi mangubang dilakukan pada hari ke tiga setelah pesta pernikahan.

Situmbuak Art Culture Festifal yang berlangsung selama tiga hari ini menampilkan beberapa pawai adat dan parade budaya. Dengan kesenian Randai Puti Bungo Awan, lomba lagu Minang, serta permainan tempo dulu turut mewarnai penampilan kesenian.

Dalam media sosial saat yc2tfb.net berkomentar pada sebuah postingan tentang kegiatan tersebut pun mendapat respon ajakan untuk berkunjung.

Selamat dan sukses atas terselenggaranya 8C01SAC Situmbuak Art and Culture.(/2TFB)

Informasi kegiatan dan klaim Special QSL Card : YC5AJA 081267276659 atau YC5HFN 085103542851
QSL Info ORARI Lokal Tanah datar; Sekretariat Jl. M.T. Haryono Batusangkar, Emailorari.yh5ar.tanahdatar@gmail.com

SES 8C01SAC Situmbuak Art and Culture, Source IMG Prokopim Tanah Datar

Tinggalkan Balasan