Special Call 8D97WARD Hari Amatir Radio Sedunia Ke-97

Hari Amatir Radio Sedunia (World Amateur Radio Day) diperingati setiap 18 April,

Hari Amatir Radio Sedunia (World Amateur Radio Day) diperingati setiap 18 April, guna memperingatinya ORARI Pusat mengadakan Special Call 8D97WARD.

8D97WARD adalah callsign khusus yang diterbitkan SDPPI sesuai nama kegiatannya yaitu Hari Amatir Radio Sedunia ke-97 (World Amateur Radio Day).

Stasiun Khusus 8D97WARD akan bekerja melalui all band & all mode termasuk mode satelit tanggal 16 sampai dengan 18 April 2022.

Special Call 8D97WARD selain bertujuan memperingati World Amateur Radio Day tahun 2022 adalah untuk menjalin semangat kekeluargaan dan persaudaraaan sesama anggota ORARI. Diharapkan juga melalui kegiatan ini seluruh anggota ORARI dapat meningkatkan kemampuan, ketrampilan khususnya bidang komunikasi radio.

Sesuai peruntukkannya Special Event Station 8D97WARD dapat diikuti oleh segenap anggota ORARI dan Amatir Radio dari luar negeri (stasiun DX).

Seluruh Amatir Radio dapat berpartisipasi sesuai alokasi dan tingkatan melalui band HF (80, 40, 20, 15, 10 dan 2meter band). Pada 2m band peserta dapat berpartisipasi melalui Satelit IO-86 di 435.880 MHz +/- Doppler), Satelit QO-100 Uplink 2.4GHz (13cm) – Downlink 10.4 GHz (3cm). Sementara di band yang lain peserta dapat menggunakan mode Phone, CW, FT8 dan RTTY.

Peserta yang berhasil QSO pada minimal 3 mode (Phone, CW, FT8 dan RTTY) akan mendapatkan WARD eAward All-Mode dan jika berhasil QSO pada minimal 3 band HF akan mendapatkan WARD eAward All-Band.

Dalam mode SSTV kepada yang berhasil mendapat minimal 3 gambar dengan kualitas minimum 60% yang dikirimkan melalui Satelit IO-86 akan mendapatkan WARD eAward SSTV On Satellite.

Hasil gambar SSTV dari satelit peserta harus mengunggah (upload) hasil penerimaannya pada link https://orari.or.id/sstv. Pengiriman gambar tidak lebih dari 30 menit dari waktu gambar tersebut dipancarkan dengan format file: UTC callsign qthloc.jpg. Contoh: 1230 YD0NXX OI33jr.jpg.

Bagi peserta minimal mendapat dua AWARD dari Antara 3 Award (All-Mode, All-Band, SSTV on Satellite) akan mendapatkan Honourable WARD eAward.

Bagi peserta yang minimal berhasil melakukan QSO dengan Stasiun Khusus 8D97WARD akan mendapatkan eQSL Card. Semua Sertifikat dan eQSL Card dapat diunduh melalui link yang disediakan di website ORARI Pusat www.orari.or.id.

Ketentuan lainnya selengkapnya Anda dapat membaca melalui Petunjuk Pelaksanaan (RULE) dibawah ini.

JUKLAK SES 8D97WARD Hari Amatir Radio Sedunia Ke-97

Download Juklak

Ketua Bagian Kegiatan Amatir Radio H.R.GINANJAR TAUFIQ, S.IP,M.Si YB0GIN menyampaikan Kegiatan Special Event Station 8D97WARD akan dibuka oleh Ketua Umum Pusat ORARI. Sambutan dan Pembukaan 8D97WARD dilaksanakan Sabtu 16 April 2022 Pukul 15.30 WIB melalui RFrekuensi 7.125 MHz. Ketua Umum Donny Imam Priambodo YB0DX direncanakan setelah menyampaikan sambutan dan melakukan pembukaan akan langsung menjadi operator SES 8D97WARD (Net Control Station).
Link Download Sertifikat dan eQSL Card
Sumber/Kontribusi: Budi Santoso – YE1AR Pengurus ORARI Pusat.