Special Call 8B535GSK HUT Kabupaten Gresik

ORARI Lokal Kabupaten Gresik mengadakan kegiatan Special Call 8B535GSK dalam rangka HUT Kabupaten Gresik ke-535

ORARI Lokal Gresik mengadakan kegiatan Special Call 8B535GSK dalam rangka HUT Kabupaten Gresik ke-535. Kegiatan Special Call sebagai Special Event Station tersebut dilaksanakan pada tanggal 26-27 Maret 2022.

Maksud dan tujuan kegiatan Special Call 8B535GSK selain sebagai peringatan Hari Ulang Tahun ke-535 Kab. Gresik adalah untuk memperkenalkan potensi ORARI Lokal Gresik kepada Amatir Radio di kawasan Regional maupun Internasional.

Melalui 2 dan 40 meter band, 8B535GSK akan melakukan pemanggilan (CQ) kepada anggota Amatir Radio ke seluruh dunia. Di 2 meter band akan dilakukan pada tanggal 26 Maret 2022 melalui frekwensi 145.020 MHz, sedangkan untuk 40 meter band pada tanggal 27 Maret 2022.

Kegiatan Special Event Station ORARI Lokal Gresik dalam rangka HUT Kabupaten Gresik melibatkan Amatir Radio diseluruh dunia untuk berpartisipasi.

Special Call 8B535GSK dalam rangka HUT Kabupaten Gresik ke-535

Bagi anggota Amatir Radio yang berpartisipasi dalam menjawab CQ 8B535GSK dapat dengan menyebutkan callsign + RST + ucapan selamat. Contoh komunikasi dan pertukaran report pada mode phone partisipan dapat melakukan seperti berikut ini; “ 8B535GSK disini YC2TFB, 59 report, Dirgahayu Kabupaten Gresik ke-535, 73!“.

Peserta dapat melihat ketentuan lainnya untuk dijadikan pedoman mengikuti kegiatan pada JUKLAK berikut ini;

DOWNLOAD JUKLAK

Tentang Kabupaten Gresik menurut id.wikipidia.org

Kabupaten Gresik adalah sebuah Kabupaten di Provinsi Jawa Timur. Kabupaten Gresik memiliki luas sekitar 1.191,25 kmĀ². Wilayah Kabupaten Gresik juga mencakup Pulau Bawean, yang berada 150 km lepas Laut Jawa. Pada tahun 2020, penduduk kabupaten Gresik berjumlah 1.311.215 jiwa dengan kepadatan 1.098 jiwa/km2.[1]

Kabupaten Gresik berbatasan dengan Kota Surabaya dan Selat Madura di sebelah timur, Kabupaten Lamongan di sebelah barat, Laut Jawa di sebelah utara, serta Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Mojokerto di sebelah selatan. Gresik dikenal sebagai Kota tempat berdirinya Pabrik Semen pertama dan perusahaan semen terbesar di Indonesia, yaitu Semen Gresik.

Pabrik Peleburan dan Pemurnian Tambang (smelter) terbesar di dunia milik PT Freeport Indonesia juga akan berdiri di Gresik. Bersama dengan Sidoarjo, Gresik merupakan salah satu penyangga utama Kota Surabaya, dan termasuk dalam kawasan Gerbangkertosusila.

Sejarah Kabupaten Gresik

Pada awal Kemerdekaan Indonesia, Kabupaten Gresik hanyalah sebuah kawedanan dibawah Kabupaten Surabaya. Didirikannya Pabrik Semen Gresik pada tahun 1953 merupakan titik awal industrialisasi di Gresik.

Semula Kabupaten Gresik ini bernama Kabupaten Surabaya (masuk wilayah administrasi Surabaya). Memasuki dilaksanakannya PP Nomor 38 Tahun 1974, seluruh kegiatan pemerintahan mulai berangsur-angsur dipindahkan ke Kabupaten Gresik.

Kabupaten Gresik terkenal sebagai Kota Walisongo, hal ini ditandai dengan penggalian sejarah yang berkenaan dengan peranan dan keberadaan para wali yang makamnya berada di Kabupaten Gresik yaitu, Sunan Giri dan Syekh Maulana Malik Ibrahim. Disamping itu, Kabupaten Gresik disebut sebagai Kota Santri.

Selain itu Gresik sudah menjadi salah satu pelabuhan utama dan kota dagang yang cukup penting sejak abad ke-14, serta menjadi tempat persinggahan kapal-kapal dari Maluku menuju Sumatra dan daratan Asia (termasuk India dan Persia). Hal ini berlanjut hingga era VOC.

Sumber: JUKLAK Special Event Station (SES) 8B535GSK

Tinggalkan Balasan