Wanita Amatir Radio Indonesia Wujudkan Pejuang Emansipasi pada SES 8A21A

8a21a

Revolusi teknologi informasi dan komunikasi, khususnya komputer dan internet telah mengubah cara pandang dan berpikir secara praktis dan efisien pada masyarakat kita para wanita pada umumnya, terutama Young Lady (YL) pengguna radio komunikasi sebagai pegiat Amatir Radio khususnya. Mereka dihadapkan pada jaman transisi yang berbasis teknologi informasi, dimana komunikasi radio melalui band Amatir Radio tidak hanya mengandalkan perangkat radio tranceiver dan antena berikut peralatan pendukungnya, namun juga diwajibkan menguasai teknologi informasi dan wawasan ilmu pengetahuan dalam rangka meningkatkan ketrampilan pegiat Amatir Radio.

Dalam kaitan memeperingati Hari Kartini tahun 2021, Para wanita pegiat Amatir Radio Indonesia melalui ORARI Pusat menyelenggarakan Special Event Station 8A21A dengan tema: “Kartini Pejuang Emansipasi Wanita 2021“. Sebagai bentuk kontribusi kepada ORARI sekaligus berkomitmen penuh dalam meningkatkan kemampuan dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Young Lady di bidang keamatiran radio Indonesia serta menjunjung tinggi Kode Etik Amatir Radio.

Itulah petikan dalam Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) yang diselenggarakan oleh ORARI Pusat seperti pada postingan terdahulu Special Call 8A21A Wanita Amatir Radio Indonesia.

Dalam kegiatan tersebut disebutkan beberapa tujuan diantaranya;

  1. Meningkatkan kemampuan dan keahlian para YL operator pada SES yang diselenggarakan di Indonesia agar lebih baik lagi sesuai prosedur komunikasi dan Kode Etik Amatir Radio.
  2. Menghimpun dan memberikan stimulus kepada para YL pegiat Amatir Radio agar tampil dan menguasai ketrampilan tidak saja pada sub minat tertentu, namun mempelajari hal-hal lainnya di bidang amatir Radio,selain tentunya menjalankan tugas dan peranannya sebagai seorang Wanita Indonesia yang tangguh dan dapat diandalkan.

Sebagai wujud tujuan diatas, Station YL Hj. Sahara Sultan – YB0SHR (salah satu dari ribuan station Amatir Radio di Indonesia), melaksanakan tugasnya menjadi Operator pada SES 8A21A dengan mode digital (FT8).

Pelaksanaan tugas tersebut dilakukan dari base station-nya yang beralamat di Jalan Kenari Golf VI Nomor 35 Bukit Golf Mediterania, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Pelaksanaan berlangsung tanggal 24 Dan 25 April 2021 Pada Band 7, 14 dan 21 MHz.

Eny Ratnawati - YC0ARK

Sementara pada mode Phone SSB di HF dan VHF operator utama yang bertugas diberikan kepada Eny Ratnawati – YC0ARK yang dilaksanakan bersama Elin Damayanti – YC0LIN dan Roniah – YC0LNS

Elin Damayanti - YC0LIN dan Roniah - YC0LNS

Ayo Wanita Amatir Radio Indonesia (WARNA) wujudkan emansipasi Anda tanpa meninggalkan kodratnya.
Semoga YL operator akan semakin maju serta mampu berkiprah di kegiatan radio amatir tingkat lokal maupun dunia.(\2tfb)

Kontributor: Ginanjar – YB0GIN

Anda juga dapat menjadi kontribusi silakan KLIK DISINI

Tinggalkan Balasan