Jatim VHF QSO Party

Untuk mewujudkan kecintaan Amatir Radio terhadap ORARI, ORDA Jawa Timur mengadakan kegiatan Jatim VHF QSO Party 2021. Hal ini dikatakan oleh MUHAMMAD SUBHAN RIVAI – YE3AA saat menjelaskan tentang pengenalan Jatim VHF QSO Party di rapat Final.

QSO Party dalam kegiatannya adalah mirip dengan Contest, perbedaannya adalah kalau QSO Party tidak harus tiap tahun diadakan, sementara Contest tiap tahun setidaknya harus continue diadakan.

Alasan mengapa dilakukan di 2m menurut DJAROT MUDJIANTO – YB3FTD, saat ini anggota amatir radio di Jatim mayoritas basicnya adalah di 2m. Hal ini untuk menganggkat citra pengguna 2m (VHF) yang mempunyai militansi disamping pengguna HF.

Kegiatan Jatim QSO Party akan berlangsung selama tujuh hari mulai 26 April 2021 dan diadakan pada band 2m (VHF).

Bagaimana cara melakukannya?, disitu kita nanti akan bekerja pada 2m band pada  frekwensi mulai 145,010 MHz – 145,750 MHz (501 – 575 on display) pada mode FM phone (emisi 16k00F3E) peserta melakukan CQ atau panggilan. Pedomannya sama dengan Pedoman dalam Mengikuti Contest

Cara melakukan panggilan dapat dilakukan misalnya seperti ini; “CQ… CQ.. CQ… Jatim QSO Party… disini YC2TFB Stanby…”.
Kemudian tunggu respon dari lawan komunikasi untuk bertukar ucapan singkat dan report. Sebelumnya pastikan frekwensi sedang tidak digunakan / kosong dengan memastikan contohnya; ” this is frequency use…” atau “apakah frekwensi sedang dipergunakan?”. Jika tidak sedang digunakan baru lakukan CQ atau pemanggilan.

Baca juga: Tata Cara Komunikasi di ORARI

Bagi peserta nanti dapat mencatat pada logsheet dengan menggunakan software N1MM atau software loger lainnya dengan cara memasukakn file UDC Jatim VHF QSO Party dahulu.

DOWNLOAD UDC JATIM VHF QSO PARTY

Download Juklak

Untuk setting UDC di N1MM Anda dapat menyimak vidio dari YE3CIF dibawah ini;

Bagi teman-teman yang tidak mempunyai laptop atau pc dapat mencatat secara manual dan akan banyak yang membantu untuk memasukkan logsheetnya ke panitia.(\2TFB)

JATIM QSO Party 2021
Good Luck 73!

Kontribusi/Info: Yusuf Budhyanto – YB3DY
Anda juga dapat berkontribusi KLIK DISINI

2 thoughts on “Jatim VHF QSO Party

Tinggalkan Balasan