Cara Bayar atau Prosedur dan Proses Perpanjangan Keangggotaan Orari dan Ijin Amatir Radio (IAR)

➢ Untuk menghindari terhentinya keanggotaan ORARI anda, lakukan permohonan perpanjangan dan pembayaran iuran keanggotaan selambat-lambatnya 7 (tujuh) hari kerja sebelum masa laku keanggotaan ORARI kedaluwarsa.
➢ Permohonan perpanjangan keanggotaan harus dilakukan melalui Sistem Keanggotaan ORARI secara daring (ORARI apps).
➢ Persyaratan dokumen yang diperlukan sbb:
• Hasil pindai pas foto terbaru dengan latar belakang warna merah.
• Hasil pindai KTP elektronik asli.
• Hasil pindai KTA lama asli dengan masa laku yang masih berlaku.
• Hasil pindai Kartu Keluarga asli, bila berumur dibawah 17 tahun.
• Hasil pindai IAR asli dengan masa laku yang masih berlaku.
➢ Biaya pembayaran perpanjangan iuran keanggotaan sejumlah Rp510.000,- (lima ratus sepuluh ribu rupiah) hanya dapat dibayarkan melalui payment gateway yang telah bekerja sama dengan ORARI Pusat.
➢ Metode pembayaran yang disediakan adalah dengan Kartu Kredit Visa/Master atau melalui transfer ke Virtual Account anggota di Bank yang telah bekerja sama dengan payment gateway. Virtual Account anggota didapat melalui aplikasi ORARI apps.
➢ Setelah melakukan proses perpanjangan dan pembayaran iuran keanggotaan, tunggu verifikasi dari Admin Sistem Keanggotaan Daring ORARI, selambat-
lambatnya 3 (tiga) hari kerja.
➢ Notifikasi terhadap persetujuan atau penolakan perpanjangan keanggotaan akan dikirimkan secara otomatis dari Sistem Keanggotaan Daring ORARI melalui email yang telah didaftarkan.
➢ Jika ditolak, segera lakukan perbaikan yang diminta dan selambat-lambatnya 1 (satu) hari dari tanggal diterbitkannya notifikasi penolakan.
➢ Setelah permohonan keanggotaan ORARI anda disetujui, maka ORARI akan memberikan rekomendasi untuk perpanjangan IAR kepada Ditjen SDPPI secara M2M (machine to machine).
➢ Ditjen SDPPI akan menerbitkan SPP Perpanjangan IAR dan dikirimkan melalui email yang terdaftar di akun Sistem Perizinan Daring IAR dan IKRAP Ditjen SDPPI.
➢ Lakukan pembayaran terhadap tagihan SPP Perpanjangan IAR selambat-lambatnya 1 (satu) hari kerja sebelum masa laku IAR kedaluwarsa.
➢ Apabila melewati batas waktu yang telah ditentukan diatas maka perpanjangan keanggotan ORARI dan perpanjangan Izin Amatir Radio tidak dapat diproses, dan harus mengikuti prosedur permohonan baru.

Info dari, Tim Sistem Keanggotaan Daring ORARI, Jakarta, 5 Desember 2019

Cara Unggah Dokumen Yang Benar
Cara Unggah Dokumen Yang Benar


Untuk invoice Perpanjangan Ijin Amatir Radio akan terbit setelah pembayaran Iuran Organisasinya sebesar Rp.150.000,-
Jadi Total Biaya Perpanjangan Ijin untuk masa laku 5 tahun sebesar Rp.660.000,-

Untuk Download Aplikasi Orari Apps bisa baca di SINI

Saran: Karena invoice perpanjangan sudah terbit 60 hari sebelum masa laku habis, sebaiknya lakukan pembayaran perpanjangan sesegera mungkin dan tidak terlalu mepet. Dimungkinkan kalau terlalu dekat dengan masa laku habis akan terjadi keterlambatan verifikasi admin dan melewati masa laku, sehingga harus mengajukan keanggotaan baru atau ujian ulang.

Setelah invoice dari app orari terbayarkan dan diverifikasi ( terbit Tanda Anggota yang baru) Segera juga lakukan pembayaran invoice SDPPI yang diterbitkan melalui email atau pada akun SDPPI yang telah teregistrasi sebelumnya sesuai akun atau callsign maaing-masing. Pembayaran invoice yang dari SDPPI dapat dilakukan melalui tranfer manual maupun eBanking.

Bagi anggota baru, setelah mengikuti Ujian Negara Amatir Radio dan dinyatakan lulus, proses selanjutnya yaitu membayar sejumlah iuran yang telah ditetapkan melalui Aplikasi ORARI APPS. Langkahnya sama dengan pembayaran iuran perpanjangan seperti diatas. Untuk yang baru saja dinyatakan lulus tidak perlu lagi membayar iuran SDPPI, karena SDPPI tidak menerbitkan invoice, yaitu hanya pembayaran saat mau ikut ujian saja.

Cara pembayaran Virtual Account untuk pembayaran iuran ORARI melalui Apps ORARI dapat dilihat seperti dibawah ini;

Download Cara Bayar Virtual Account

Baca juga: Apa Yang Harus Dilakukan Jika Tidak Bisa Masuk di APPS ORARI?

2 thoughts on “Cara Bayar atau Prosedur dan Proses Perpanjangan Keangggotaan Orari dan Ijin Amatir Radio (IAR)

Tinggalkan Balasan