Ujian Nasional Amatir Radio ( UNAR) di Kendal

KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA RI DIREKTORAT JENDERAL SUMBER DAYA DAN PERANGKAT POS DAN INFORMATIKA DIREKTORAT OPERASI DAN SUMBER DAYA, mengadakan Ujian Negara Amatir Radio (UNAR) yang pertama kalinya di KENDAL

Pelaksanaan UNAR BALMON KELAS I SEMARANG KE – I TAHUN 2019 ini lokasinya di PENDOPO KABUPATEN KENDAL – JL. SOEKARNO – HATTA NO.193 KENDAL Provinsi JAWA TENGAH Tanggal, 28 April 2019

Berdasarkan data yang diperoleh, sebanyak 342 orang mengikuti UNAR tersebut, dengan rincian sebanyak 332 orang  untuk tingkat siaga sebanyak 7 orang  tingkat penggalang dan  sebanyak 3 orang tinggat penegak.

Pada kesempatan ini digunakan oleh para pegiat dan penghobi radio komunikasi di wilayah Kendal disamping juga didominasi beberapa organisai relawan instansi dinas, perangkat desa dan berbagai elemen masyarakat yang hampir 80 % adalah warga lokal sekitar Kendal, dan yang lain dari berbagai wilayah dari luar Kendal, dan yang paling spesial adalah kepala daerah Kabupaten Kendal, Bupati Kendal dr. Mirna Annisa juga turut menjadi peserta ujian.

Pelaksanaan UNAR ini memang agak sedikit terlambat dari jadwal yang semulanya pukul 07.00 Wib namun baru dimulai pukul 08.30 Wib karena menunggu Bupati sebagai tuan rumah di Kendal yang datang terlambat karena sesuatu hal.

Sebelum unar di mulai berbagai sambutan dibacakan, Sementara Bupati sendiri dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan ini, juga menyebutkan bahwa, kegiatan amatir radio juga sangat penting, utamanya pada saat terjadi bencana, dimana jaringan telekomunikasi sulit diakses, sehingga amatir radio juga dapat berperan untuk menyampaikan informasi. Sehingga Orari tersebutlah diharapkan dapat menjadi cadangan komunikasi saat terjadi di wilayah Kendal bahkan nasional.

UNAR ini memang yang pertama di Kendal dan sebagai ujicoba penggunaan secara online, baik sejak tahap registrasi maupun saat ujian dan penerbitan IAR.
Namun uji coba berbasis komputer CAT baru diterapkan pada tingkat penggalang dan penegak, karena masih terbatasnya alat, yaitu komputer atau laptop dan jaringan internet.

Jadi hasil atau pengumuman lulus dan tidak pun bisa dilihat langsung tidak lebih dari dua hari, dan callsign atau nama panggilan juga langsung muncul atau terbit bersamaan dgn keterangan lulus dan tidaknya, hanya satu hari setelah UNAR. Semua peserta yang lulus akan mendapatkan sertifikat sebagai syarat tahap pengajuan Ijin Amatir Radio atau IAR, yang selanjutnya untuk mendaftar menjadi anggota ORARI.

Sementara sambutan dari Kominfo, Kegiatan UNAR merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan untuk para amatir radio. Sedangkan Amatir radio sendiri tak lepas dari peraturan internasional maupun nasional. juga dijelaskan Izin Amatir Radio (IAR) yang didapatkan setelah lulus Ujian Negara Amatir Radio (UNAR) merupakan bukti kompetensi yang diakui secara internasional, dan tidak hanya berlaku di Indonesia tapi juga di negara lain di seluruh Dunia.

Disampaikan pula yang sudah memiliki IAR dan tergabung dalam organisasi amatir radio dalam melakukan kegiatan tetap berpedoman pasa kode etik dan mantaati segala peraturan spektrum frekuensi radio.

Kegiatan UNAR tersebut terselenggara dengan baik berkat kerjasama antara Organisasi Radio Amatir Radio ( Orari Daerah Jawa Tengah ) dengan KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA RI DIREKTORAT JENDERAL SDPPI.

0 thoughts on “Ujian Nasional Amatir Radio ( UNAR) di Kendal

Tinggalkan Balasan